Pages

Dec 21, 2015

Penyakit Menyebalkan : Ghibah

Penyakit satu ini cukup sulit untuk di sembuhkan bagi sebagian kaum hawa. Penyakit? Iya PENYAKIT. Sekali terjangkit melalui pendengaran dan interaksi, harus banyak istighfar dan menjauhkan diri dari orang-orang yang membuka aib itu ini dan juga televisi. 

Hanya berbicara bagaimana bisa jadi penyakit? Kalbu atau hatilah yang nantinya akan terjangkiti penyakit ini. Cirinya? Sekali terjangkit, akan terus ketagihan bahkan tidak tahan untuk tidak membicarakan orang lain, terutama keburukan. Hati cenderung keruh, sulit untuk melihat sesuatu dengan mata hati, karena hati telah terkotori saat acara ghibah dihadiri. Setan-setan akan dengan mudah menghampiri menghadirkan persangkaan-persangkaan ABCD ke dalam pikiran dan hati. Dan kebanyakan manusia hanya mengikuti persangkaan belaka (QS. 6;116). 

Kemudian, dari acara ghibah tadi baik secara live on dunya, dumay atau sekedar tayangan televisi, para pengghibah, penonton, pembaca dan pendengar tidaklah tahu apakah berita yang dibawa itu kebenaran atau hanya kebohongan. Jika itu adalah kebenaran, jikapun berita baik tidaklah mengapa, tapi jika berita itu buruk sama saja dengan membicarakannya telah membuka aib seseorang. Sedangkan Allah menutupi aib hamba-hambanya, kenapa kita berani membuka aib orang lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan kita? Bagaimana kalau aib kita yang dibukakan oleh Allah? Bakal lebih sakit lagi. Lalu, jika berita yang dibicarakan itu bohong jatuhnya adalah fitnah! Astagfirullah.....

Lebih menyebalkannya dari aktivitas ghibah ini adalah saat kita membicarakan seseorang tentang sesuatu yang salah di mata kita dan kesalahan lainnya dari orang tersebut, maka amal perbuatan baik yang selama ini kita kumpulkan akan berpindah kepada orang tersebut dan amal buruknya berpindah pada kita. Hanya karena kita menghibahinya. Bukankah itu menyebalkan?

Sayapun hanya manusia biasa, yang terkadang suka terpancing dan pada akhirnya kesal sendiri kenapa membiarkan diri masuk dalam lingkaran ghibah ini. Bukannya tidak berusaha, sebisa mungkin setidaknya mengurangi terlebih dahulu dan tidak menanggapi saat ada orang yang membicarakan keburukan orang lain. Berusaha untuk tidak tergoda dengan ajakan setan yang sentiasa menggoda. 

Jika anda yang membaca ini teman saya, bantu saya menghindari lingkaran menyebalkan ini. Jika anda tidak mengenal saya dan anda muslim, tolong doakan agar kita terhindar dari hal yang amat sangat merugikan ini. Dan semoga Allah menjauhkan kita dari hal-hal yang tidak baik seperti ghibah ini dan sentiasa lindungi kita dari bujuk rayu setan yang menggoda. Aamiin....

No comments:

Post a Comment